Senin, 24 Mei 2010

ALHAMBRA

Blog Entry




Awal bulan Juli Ita ke Mallorca tuk 2minggu, rencana ini membuat ita jadi ingat setahun yll ita pernah mengunjungi Alhambra, tepatnya di Granada Spanyol,sebuah tempat yang amat sangat indah,banyak legenda dan kisah turun temurun yang tercampur antara kebenaran dan dongeng.

Betapa banyak nyanyian dan balada dalam bahasa Arab dan spanyol tentang cinta,perang dan kesatriaan yang berkaitan dengan peninggalan Timur ini.

Alhambra adalah sebuah istana yang sangat unik dengan architektur perpaduan antara Arab atau persia di Eropa bagian selatan.

Bentengnya yang luar biasa indah itu adalah hasil karya orang Moor Muslim yang sangat berpengaruh di Spanyol selama kurun waktu berabad-abad.

Untuk masuk ke Alhambra,kita harus melewati sebuah gapura besar berbentuk tapalkuda yang oleh mereka dinamai Gerbang Keadilan.

Nama itu mengingatkan pada tempat berkumpulnya para hakim2 semasa pendudukan Muslim untuk langsung mendengar kasus2 kecil.

Pengadilan yg diadakan di gerbang kota merupakan kebiasaan umum yg dipraktekan di seluruh Timur Tengah dan kalau tidak salah ingat disebutkan dalam Alquran.

nama Alhambra sendiri berarti " merah " dalam bahasa Arab,menurut legenda yg mereka ceritakan pada pita,kemungkinan diambil dari warna batu bata yang digunakan oleh orang2 Moor untuk membangun tembok luarnya.

Meskipun demikian ada penjelasan lain lagi yang ku trima yg mengatakan bahwa pembangunan Alhambra dilakukan dibawah " cahaya obor ".

Menurut mereka,penerangan di malam hari itu membuat tembok itu tampak kemerah2n sehingga bangunan itupun dinamai demikian.
Emir Zawi bin Ziri dari Arab mendirikan kerajaan Granada yg independen pada abad ke 11.

Kerajaan itu bertahan selama kira2 500thn,dan selama kurun waktu itu,seni dan budayanya berkembang sangat pesat.

Kerajaan itu runtuh sewaktu penguasa Katolik Ferdinand dan Isabela mengakhiri pemerintahan Muslim di Spanyol pada tahun 1492.

Granada yang dibangun oleh orang Moor mencapai puncak kejayaan setelah Kordoba ditakhlukan oleh tentara susunan Kristen pada tahun 1236.

Granada menjadi ibu kota Spanyol Muslim dan dinasti2 Rajanya membangun sebuah kompleks istana Alhambra yang tiada duanya di eropa.

Tata letak Alhambra sama megahnya seperti kompleks bangunan itu sendiri.

Dibelakangnya seperti sebuah latar yang mencolok,puncak bersalju Sierra Nevada menjulang setinggi lebih dari 3400mtr.

Alhambra sendiri terletak diatas Sabika,sebuah bukit panjang berhutan setinggi 150mtr diatas kota Granada.

Ibnu Zamrak seorang penyair abad ke 14 mengatakan dalam syairnya " bukit itu memandang ke Granada ibarat suami yang dengan kagum memandang istrinya "

Alhambra bukan sekedar istana,ia dapat dilukiskan seperti kota dalam kota Granada.

Persis dibelakang temboknya yg panjang itu terdapat taman2, paviliun2, kompleks istana, Alcazaba ( benteng ) dan bahkan sebuah medina atau kota kecil.

Alhambra bisa begitu indah berkat gaya yg digunakan oleh orang2 Moor dan juga oleh orang2 Yunani kuno.

Pertama2 mereka membentuk warna dan tekstur alami batu dengan harmonis, seimbang namun sederhana.

Kemudian,mereka memperindah bangunan mereka yang anggun itu. Dengan berprinsip pada motto mereka " mendekorasi bangunan,bukan membangun dekorasi ".

Alhambra juga memiliki beberapa taman.air mancur,dan kolam yang anggun.

Kalau ita pas2in yahh dalam bukunya " Moorish Spain " karangan Enrique Sordo. beliau mengatakan " taman2 arab merupakan gambaran pendahuluan dari firdaus " .

Pengaruh Islam yang sangat kuat tampak dimana2.

Penulis Spanyol Garcia Gomez berkomentar " Firdaus kaum muslim dilukiskan secara terperinci dalam Quran sebagai taman yang sangat rindang,diairi oleh sungai2 yang indah ".

Di Alhambra ini air digunakan dengan limpah,sungguh suatu kemewahan bagi orang2 yang biasa tinggal di gurun yg panas dan kering.

Alhambra memiliki dekorasi yang sangat rumit yg menjadi ciri khas istana2 arab yang terbuat dari stuko.

Corak lain dari istana ini adalah zillij ( potongan ubin atau keramik yang diglasir dan disusun dalam geometris yang rumit ) .

Halaman yg paling menonjol dari Alhambra ialah halaman singa2 seperti di foto kisah alhambra bagian kedua, halaman singa ini menurut guide kami digambarkan sebagai contoh seni arab yang paling berharga yg terdapat di spanyol.

Tidak jauh dari Alhambra terdapat Generalife,sebuah villa dan taman tersembunyi bergaya moor yang terletak diatas Cerro del Sol,sebuah bukit dekat Sabika generalife, contoh yg bagus dari lanskap bergaya arab,telah dijuluki sebagai salah satu taman terindah didunia.

Dahulu ada sebuah jembatan yang menghubungkan istana Alhambra dengan tempat ini,yg rupanya diguankan sebagai villa bagi para penguasa Granada untuk beristirahat.

Ada sebuah halaman yyg menuju ke Tangga Air.

Disini,pancaindra kita smua akan dimanjakan oleh cahaya,warna dan tak terhitung bermacam2 aroma yang menyejukkan hati kita.
Ketika raja terakhir Granada, Boabdil ( Muhammad XI ) menyerahkan kota itu kepada Ferdinand dan Isabella, dia dan keluargannya harus pergi ke pengasingan.

Setelah meninggalkan kota itu,konon mereka berhenti di suatu tempat yg tinggi yang sekarang dinamai El Suspiro del Moro ( keluh kesah orang Moor ).
Seraya mereka terakhir kali emmandang istana mereka yang megah itu,ibu Boabdil konon berkata kepada putranya, " Menangislah seperti wanita untuk apa yang tidak dapat kau pertahankan sebagai pria ).

Sekarang sebagian dari 3juta pengunjung Alhambra setiap tahun berkunjung ke tempat ini.

Disini,seperti Boabdil,kita semua dapat mengamati kota Granada yang terbentang dengan sangat cantik di bawah istana Arabnya,bagaikan permata pada sebuah mahkota.

Jika kalian berkunjung ke Spanyol,sempatkanlah untuk mengunjungi Granada dengan Alhambranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar